Jumat, 29 Juni 2012

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah sebuah rangkaian dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain. komputer-komputer tersebut akan terhubung dengan sebuah komunikasi system. Fungsi dari Jaringan Komputer adalah memungkinkan bahwa setiap komputer yg ada didalamnya dapat saling sharing data, Program, dan sumber daya komputer lainnya, contohnya; media penyimpanan, printer,dll.

Jaringan Komputer yg menghubungkan komputer-komputer yang berada pd lokasi yg berbeda juga dapat dimanfaatkan untuk download,mengirim email, upload data, serta berbagai kegiatan akses informasi dilokasi yg terpisah.

Fungsi dari Jaringan Komputer sendiri adalah sharing resource, dimana sebuah komputer dapat memanfaatkan sumber daya yg dimiliki komputer lain yg berada dalam jaringan yg sama.

Arsitektur jaringan komputer memiliki karakteristik tersendiri.
Karakteristik jaringan komputer tersebut antara lain;

# Jaringan KOmputer minimal dua buah komputer,

# adanya Kartu Jaringan (NIC/Network Interface Card)pada setiap komputer,

# Terdapat media koneksi/ konektor yang menghubungkan kartu jaringan satu komputer ke komputer lain. konektor ini disebut sebagai medium transmisi data. ini juga bisa berupa kabel maupun wireless"non kabel"

# Terdapat peralatan interkoneksi seperti HUB, Switch, router,Bridge, dan Gateway. Apabila jaringan yg dibentuk semakin luas jangkauannya.

# Terdapat software atau peranGKat lunak sistem operasi jaringan,
contohnya: Microsoft Windows NT, Novell Netware, Microsoft Windows 2000 server, Linux, Dsb.

Selamat Menikmati ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sertakan comment anda . . .