Jumat, 13 April 2012

Cara membuat JARINGAN LAN

Sekarang saatnya saya membagi sedikit ilmu saya tentang bagaimana membuat JARINGAN LAN. 

untuk persiapan/peralatan yang harus disiapkan yakni;

  1. Terminator
  2.  kabel coaxial/UTP
  3. T-connector
  4. Dua atau lebih PC
  5. Network Card yg sesuai dg jumlah PC
  6. HUB (bila diperlukan)



Nah, sekarang langkah-langkah pembuatannya:

1.  Sebelum anda melakukan, sebaiknya anda harus mengetahui dulu tipe jaringan yang ingin    anda gunakan, tipe jaringan yang sering digunakan kebanyakan saat ini adalah tipe star dan tipe bus.

apa sih tipe bus dan tipe star itu????

oke, saya akan jelaskan.
  • Tipe Bus
Jaringan yg menghubungkan secara langsung dari koputer satu ke komputer dua lalu komputer dua ke komputer tiga, dSt.
Jenis jaringan ini relatif murah dan paling mudah juga pemasangannya, sehingga lebih cocok untuk home user. untuk kelemahan tipe jaringan ini sendiri yaitu apabila ada salah satu komputer yang rusak maka akan mempengaruhi komputer yang lainnya. Jaringan Tipe bus menggunakan kabel coaxial, yg sering kita lihat pada kabel antena tv.

  • Tipe Star
Tiap komputer pada jaringan ini masing-masing langsung terhubung ke HUB dengan menggunakan kabel jenis UTP yg menyerupai kabel telpon. Misalnya komputer 1 ke HUB dan komputer 2 ke HUB. dari HUB kemudian dihubungkan kesebuah komputer yg bertindak sebagai server.

Langkah-langkahnya sebagai berikut;

  • Pasanglah kabel dan network card, saat pemasangan kabel, jgn lupa sesuaikan jaringan yang anda pilihsedangkan pemilihan network card harus disesuaikan dengan slot yg ada pda motherboard anda. Apabila board mempunyai slot PCI, maka itu lebih baik, karena LAN card berbasis PCI bus lebih cepat dalam mentransfer data.
  • jika kalian  memakai tipe bus, maka masing-masing pada komputer kalian, kalian pasang T-Conector yg mempunyai dua input. dan pada komputer yang hanya mendapat satu input, pada input kedua harus dipasang terminator kecuali bila anda membuat jarigan berbentuk lingkaran, dimana setiap/semua komputer mendapat dua inputan, misalkan, komputer satu, komputer dua, dan komputer tiga berjajaran, maka t-connector pada komputer satu dipasang terminator,dan kabel ke komputer dua. pada komputer dua pasangkan kabel dari komputer satu ke komputer tiga. Sedangkan komputer tiga dipasang kabel dari komputer dua dan terminator.
  • jika kalian memilih tipe star, maka masing-masing kabel dari komputer dimasukan kedalam port yang tersedia diHUB. Apabila kalian ingin menghubungkan HUB ini ke HUB lainnya, maka kalian harus menggunakan kabel UTP yg dimasukan ke port khusus yg ada pada masing" hub.
oke, saya kira cukup penjelasan dari saya tentang cara Membuat jaringan LAN. mudah-mudahan bermanfaat bagi kalian. Thank's

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sertakan comment anda . . .